Berita Utama

Ini 3 Cara Menghilangkan Coretan di Screenshot, Gak Perlu Aplikasi!

Cara menghilangkan coretan di screenshot dapat dilakukan dengan mudah. Tidak perlu repot mengunduh aplikasi yang dapat menambah memori handphone, melainkan cukup dengan mengakses halaman website yang menyediakan fitur tersebut.

Screenshot pertama kali diciptakan sekitar tahun 1960. Saat itu, teknologi ini belum dapat menangkap tampilan GUI pada layar, melainkan hanya isi teksnya saja. Berikut 3 cara menghilangkan coretan di screenshot tanpa menggunakan aplikasi:

1. Inpaint

Cara menghilangkan coretan di screenshot pertama yaitu melalui situs inpaint.com. Dalam situs ini, tidak hanya coretan namun juga objek lain seperti logo, watermark, teks, dan lainnya dapat dihilangkan dari screenshot.

Cara penggunaannya pun mudah, buka laman theinpaint.com kemudian pilih ‘upload image’ dan masukkan file screenshot yang ingin diubah. Setelah itu, pengguna akan ditujukan ke halaman editor dan diminta untuk mengusap coretan yang ingin dihilangkan.

Setelah sistem menetapkan objek yang akan dihilangkan, tekan tombol ‘Erase’ dan jika berhasil, beberapa saat kemudian akan tampil file gambar baru yang sudah dihapus coretannya. Pengguna dipersilakan mengunduh hasil gambar tersebut.

2. Cleanup Picture

Situs yang diakses pada laman cleanup.pictures ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan coretan di screenshot yang optimal. Hal itu didukung dengan teknologi AI yang dapat mengoptimalkan penghilangan objek pada gambar.

Pengguna yang menggunakan situs ini secara gratis hanya dapat mengunduh dengan kualitas rendah. Jika ingin kualitas yang lebih tinggi atau HD, pengguna diharuskan menggunakan akun ‘pro’ yang disediakan gratis masa coba selama 3 hari.

Cara penggunaan situs ini pun sangat mudah, pertama buka laman situs tersebut, kemudian pada kolom ‘click here or drag an image file’ masukkan file screenshot  yang ingin diedit. Pengguna dapat menyeret langsung dari folder lokal.

Selanjutnya pada halaman editor, usap layar pada posisi coretan atau objek yang ingin dihilangkan dan pastikan ikon bergambar penghapus pada bagian bawah laman sudah berwarna kuning. Hal itu menandakan sistem sedang dalam mode untuk menghapus.

Sistem akan otomatis menghilangkan gambar saat pengguna mengusap layar. Website Cleanup Picture ini juga menyediakan fitur cancel untuk mengembalikan tindakan penghapusan yang baru dilakukan dengan menekan tombol panah kiri. Langkah terakhir, unduh file gambar yang telah diedit.

3. Fotor

Website foto editor terakhir yang dapat digunakan sebagai solusi cara menghilangkan coretan di screenshot yaitu fotor.com. Pada situs ini, tidak hanya menyediakan fitur edit foto saja, pengguna juga dapat membuat desain serta kolase foto.

Website ini menyajikan fitur-fitur yang lebih kompleks dari dua website sebelumnya. Dengan berbagai fitur yang tersedia, pengguna dapat menggunakan website dengan gratis. Namun untuk fitur yang lebih canggih, pengguna diharuskan men-subscribe akun premium.

Penggunaan website ini cukup mudah, pada laman utama klik bagian ‘Edit a photo’. Pada laman editor, masukkan foto yang akan di edit kemudian pilih menu ‘object remover’ di bagian kiri halaman.

Geser dan sesuaikan ukuran brush yang akan digunakan kemudian usap layar pada objek yang akan dihilangkan. Pilih tombol ‘start removing’ dan tunggu beberapa saat hingga sistem selesai memproses. Terakhir, klik tombol ‘Apply’ dan unduh hasil gambar.

Demikian beberapa cara menghilangkan coretan di screenshot yang mudah tanpa harus mengunduh aplikasi. Pengguna hanya perlu mengakses situs-situs tersebut, kapanpun dan dimanapun, serta tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button