Berita Utama

Ketahui Cara Setting Kamera Hp Agar Bagus Hasilnya

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik yang perlu mengetahui bagaimana cara setting kamera hp agar bagus dilihat. Semakin bagus hasil yang diinginkan, maka sedikit lebih banyak juga peraturan yang harus diterapkan pada kamera ponsel yang dimiliki.

Kepandaian mengambil angle foto yang pas tentu juga sangat berpengaruh dalam hal tersebut sehingga harus diperhatikan juga. Berikut ini cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memperoleh hasil foto terbaik hanya dengan menggunakan kamera ponsel:

1. Gunakan Kamera Ultra Wide

Kamera Ultra Wide pada HP biasanya memiliki sudut pandang yang lebih lebar daripada kamera utama biasa. Hal ini memungkinkan untuk menangkap lebih banyak area dalam satu gambar, berikut ini cara mudah menggunakan kamera ultra wide.

  • Perhatikanlah sudut pandang yang ingin diambil objeknya. Gunakan sebagai mode landscape pada pengaturan kamera hp. Hal ini tentu untuk mendapatkan area yang lebih lebar.
  • Usahakan jangan ambil posisi yang terlalu dekat dengan objek. Sebab, sudut pandang ultra wide yang lebar akan terlihat distorsi pada objek yang terlalu dekat dengan kamera.
  • Cari garis panduan untuk membantu dalam menentukan komposisi foto yang baik. Hindarilah menggunakan zoom digital karena beberapa HP memiliki opsi zoom digital.

2. Mengatur ISO Kamera HP

ISO adalah pengaturan sensitivitas cahaya pada kamera. Semakin tinggi ISO yang digunakan, semakin sensitif kamera terhadap cahaya dan semakin cerah gambar yang dihasilkan. Namun, pengaturan ISO yang terlalu tinggi juga dapat menghasilkan gambar yang berisik.

  • Untuk mengatur ISO pada kamera HP, buka aplikasi kamera dan cari opsi pengaturan ISO. Beberapa HP memiliki pengaturan ISO yang otomatis, sehingga kamera akan secara otomatis menyesuaikan ISO berdasarkan kondisi cahaya sekitar.
  • Namun jika tidak, pastikan sudah melakukan pengaturan ISO cahaya sesuai keadaan saat ini. Hal ini tidak hanya akan membuat hasil foto jadi bagus, tetapi video juga.

3. Mengatur Aperture di HP

Aperture adalah pengaturan ukuran lubang lensa kamera yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke sensor kamera. Semakin besar aperture yang digunakan, semakin banyak cahaya yang masuk ke sensor dan semakin kecil kedalaman bidang fokus gambar.

  • Untuk mengatur aperture pada kamera HP, buka aplikasi kamera dan cari opsi pengaturan aperture. Aperture sebaiknya diatur menjadi lebih sempit supaya gambar yang didapatkan lebih fokus.
  • Namun, beberapa merk HP tidak memiliki cara setting kamera hp agar bagus bagian aperture karena diatur secara otomatis oleh kamera. Ketahuilah apa saja setelan di HP supaya dapat memaksimalkan berbagai fitur didalamnya

4. Gunakan Fitur Shutter Speed

Shutter speed adalah pengaturan penting pada kamera yang mengatur berapa lama rana kamera akan terbuka untuk menangkap cahaya. Semakin lama rana kamera terbuka, semakin banyak cahaya yang akan masuk dan semakin cerah gambar yang dihasilkan.

  • Buka aplikasi kamera pada HP Anda dan pilih mode pro. Pilih nilai shutter speed yang sesuai dengan kondisi cahaya sekitar dan hasil yang ingin dicapai.
  • Gunakan shutter speed yang lebih cepat untuk menangkap suatu subjek yang bergerak cepat. Setelah mengatur shutter speed, fokus pada subjek dan tekan tombol rana kamera untuk mengambil foto.

Jadi, ada 4 cara setting kamera hp agar bagus yang bisa dilakukan cukup mudah pada saat akan mengambil foto. Masing-masing cara di atas, bisa dicoba kapan saja dan nikmatilah apa yang tersaji pada aplikasi tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button